Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dasar Hukum Yang Mengatur Warga Negara

Dasar hukum yang mengatur warga negara

Dasar hukum yang mengatur warga negara

1. UUD 1945 Pasal 26. (1) Yang menjadi warga negara ialah orang-orang bangsa Indonesia asli dan orang-orang bangsa lain yang disahkan dengan undang-undang sebagai warga negara. (2) Penduduk ialah warga negara Indonesia dan orang asing yang bertempat tinggal di Indonesia.

Apa dasar hukum yang mengatur warga negara dan penduduk Indonesia?

UU No. 3 Tahun 1946 tentang Warga Negara dan Penduduk Negara [JDIH BPK RI]

Undang-undang Nomor 12 Tahun 2006 mengatur tentang apa?

(1) Anak Warga Negara Indonesia yang lahir di luar perkawinan yang sah, belum berusia 18 (delapan belas) tahun dan belum kawin diakui secara sah oleh ayahnya yang berkewarganegaraan asing tetap diakui sebagai Warga Negara Indonesia.

Dasar dasar hukum apa saja?

Dasar Hukum merupakan ketentuan peraturan perundang-undangan yang melandasi penerapan suatu tindakan / penyelenggaraan oleh orang atau badan, agar dapat diketahui batasan, posisi dan sanksinya.

Bagaimana bunyi pasal 27 ayat 1 UUD 1945?

Pasal 27 ayat (1) UUD 1945 berbunyi : segala warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya. - Wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.

Apa isi dari UUD 1945 pasal 27 ayat 3?

Makna Pasal 27 ayat (3) UUD 1945 adalah tiap warga negara memiliki hak dan kewajiban untuk ikut serta dalam upaya pembelaan negara.

UU No 3 Tahun 1946 Tentang apa?

(1) Penduduk Negara Indonesia ialah tiap-tiap orang yang bertempat kedudukan di dalam daerah Negara Indonesia selama 1 tahun berturut-turut. (2) Kedudukan-hukum Penduduk Negara Indonesia seseorang hilang dengan sendirinya oleh karena orang itu bertempat kedudukan di luar daerah Negara Indonesia.

Apa makna yang terkandung dalam Undang Undang Dasar 1945 Pasal 28 ayat 1 dan 2?

Dalam Undang-Undang Dasar 1945 pasal 28 ayat (1) dan (2) memiliki makna bahwa sejatinya setiap warga negara memiliki hak untuk hidup dan mempertahankan kehidupannya dengan aman dan sejahtera sebagai pribadi yang juga diimbangi dengan menghormati hak asasi manusia lainnya.

BAB Berapakah dalam UUD 1945 yang mengatur tentang warga negara dan penduduk?

Pasal 26 ayat (2) UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menegaskan bahwa “penduduk ialah warga negara Indonesia dan orang asing yang bertempat tinggal di Indonesia”. Dengan demikian, di Indonesia semua orang yang tinggal di Indonesia termasuk orang asing pun adalah penduduk Indonesia.

Undang-undang Nomor 12 Tahun 2011 Tentang apa?

Menetapkan : UNDANG-UNDANG TENTANG PEMBENTUKAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN. Dalam Undang-Undang ini yang dimaksud dengan: 1. Pembentukan Peraturan Perundang-undangan adalah pembuatan Peraturan Perundang-undangan yang mencakup tahapan perencanaan, penyusunan, pembahasan, pengesahan atau penetapan, dan pengundangan.

Menurut Pasal 4 UU No 12 tahun 2006 Siapa saja yang disebut sebagai warga negara?

Yang dapat dikatakan sebagai WNI menurut Pasal 4 UU RI Nomor 12 Tahun 2006 adalah: Setiap orang yang berdasarkan peraturan perundang-undangan dan berdasarkan perjanjian pemerintah Republik Indonesia dengan negara lain sebelum undang-undang ini berlaku sudah menjai warga negara Indonesia.

2 Apa yang dimaksud dengan warga negara menurut Pasal 26 ayat 1 UUD 1945?

1. Pasal 26, ayat (1), yang menjadi warga negara adalah orang-orang bangsa Indonesia asli dan orang-orang bangsa lain yang disahkan dengan undang-undang sebagai warga negara. Dan pada ayat (2), syarat-syarat mengenai kewarganegaraan ditetapkan dengan undang-undang.

Apa perbedaan hukum dasar dan dasar negara?

Jawaban. Jawaban: Hukum dasar negara Indonesia adalah Undang-Undang Dasar 1945. Sedangkan hukum dasar memuat ketentuan peraturan hukum berupa prinsip-prinsip hukum umum atau secara garis besarnya saja, tidak terperinci dan tidak mengatur hal-hal yang bersifat khusus.

Sebutkan dan jelaskan apa yang dimaksud dengan hukum dasar?

Hukum dasar adalah sebuah istliah yang memiliki makna sama dengan undang-undang dasar karena pada dasarnya, kata hukum dan undang-undang merupakan sinonim.

Apa itu konsep dasar hukum?

Konsep-konsep yang mendasar dalam hukum yang telah dirumuskan diantaranya adalah Subjek, Hukum, Peristiwa Hukum, Perbuatan Hukum, dan Akibat Hukum (Nurhayati, 2020:22).

Pasal 28 ayat 1 tentang apa?

7. Pasal 28I ayat (1) “Hak untuk hidup, hak untuk tidak disiksa, hak kemerdekaan pikiran dan hati nurani, hak beragama, hak untuk tidak diperbudak, hak untuk diakui sebagai pribadi dihadapan hukum, dan hak untuk tidak dituntut atas dasar hukum yang berlaku surut adalah hak asasi manusia yang tidak dapat dikurangi dalam

Pasal 28 tentang apa?

Pasal 28 UUD 1945 mengalami amandemen Perubahan Kedua Undang-Undang Dasar Tahun 1945. Sebelum diamandemen, pasal 28 UUD 1945 berbunyi "Kemerdekaan berserikat dan berkumpul, mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan dan sebagainya ditetapkan dengan undang-undang."

Apa isi dari pasal 30 ayat 2?

4. Pasal 30 ayat (2) berbunyi : “Usaha pertahanan dan keamanan negara dilaksanakan melalui sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta oleh Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Negara Republik Indonesia, sebagai kekuatan utama dan rakyat, sebagai kekuatan pendukung”.

Pasal 27 ayat 2 tentang apa?

Makna dan arti pentingnya pekerjaan bagi setiap orang tercermin dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 27 ayat (2) menyatakan bahwa setiap Warga Negara Indonesia berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan.

Apa isi dari pasal 30 ayat 1?

Peranan rakyat tersebut ditegaskan dalam Pasal 30 Undang-Undang Dasar 1945 bahwa tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara.

13 Dasar hukum yang mengatur warga negara Images

poster anti korupsi  Kartun Desain poster Poster

poster anti korupsi Kartun Desain poster Poster

Gimana sih cara mengatur keuangan yang baik Sebelumnya kamu perlu

Gimana sih cara mengatur keuangan yang baik Sebelumnya kamu perlu

Hasil gambar untuk contoh pengamalan pancasila sila ke 3  Gambar

Hasil gambar untuk contoh pengamalan pancasila sila ke 3 Gambar

Pinterest

Pinterest

Mind mapping pajak penghasilan umum economic mind mapping mind

Mind mapping pajak penghasilan umum economic mind mapping mind

Kamu tidak bisa merubah bagaimana orang memperlakukanmu atau bagaimana

Kamu tidak bisa merubah bagaimana orang memperlakukanmu atau bagaimana

Logo Mahkamah Konstitusi Vector

Logo Mahkamah Konstitusi Vector

Poster hukum hak asasi manusia  Konser Agama Manusia

Poster hukum hak asasi manusia Konser Agama Manusia

Soal Persamaan Dasar Akuntansi Lanjutan  Digital Story of

Soal Persamaan Dasar Akuntansi Lanjutan Digital Story of

Hasil gambar untuk teks uud 1945 lengkap  Teks Hukum Tulisan

Hasil gambar untuk teks uud 1945 lengkap Teks Hukum Tulisan

Jakarta Obsessionnews  Polisi tak pandang bulu menindak pengendara

Jakarta Obsessionnews Polisi tak pandang bulu menindak pengendara

Gambar 40 GotongRoyong Membantu Membangun Masjid  Ebook Anak

Gambar 40 GotongRoyong Membantu Membangun Masjid Ebook Anak

Post a Comment for "Dasar Hukum Yang Mengatur Warga Negara"